Скачать презентацию X masyarakat dan budaya oleh pdt Martin luther Скачать презентацию X masyarakat dan budaya oleh pdt Martin luther

937a3b35bec97fce15138acd3062b091.ppt

  • Количество слайдов: 10

X. masyarakat dan budaya oleh pdt. Martin luther batubara, s. th universitas indonesia esa X. masyarakat dan budaya oleh pdt. Martin luther batubara, s. th universitas indonesia esa unggul Jakarta hp. 0852 185 188 28

1. PENGERTIAN : • MASYARAKAT: hubungan antara manusia, pergaulan hidup, sekelompok manusia yang hidup 1. PENGERTIAN : • MASYARAKAT: hubungan antara manusia, pergaulan hidup, sekelompok manusia yang hidup dalam lingkungan tertentu. • BUDAYA: Kumpulan PENGETAHUAN (akal budi; pikiran) yang sama-sama dimiliki oleh anggota satu kelompok atau masyarakat tertentu, seperti kepercayaan, kesenian dan adat-istiadat.

– Pengetahuan itu berupa aturan-aturan yang mengatur cara masing- individu dalam berhubungan dengan sesama – Pengetahuan itu berupa aturan-aturan yang mengatur cara masing- individu dalam berhubungan dengan sesama dan dengan lingkungan. – Pengetahuan itu menciptakan bentuk-bentuk perilaku, pola-pola komunikasi, beraneka perangkat nilai , dan jenis-jenis alat.

 • Pertama, Kebudaan mengacu pada pengetahuan bersama. Pada akar gagasan ini terdapat konsep • Pertama, Kebudaan mengacu pada pengetahuan bersama. Pada akar gagasan ini terdapat konsep mengajar dan meneruskan (kepada generasi selanjutnya). • Kedua, pengetahuan yang dimiliki bersama ini dipergunakan untuk menafsirkan dan menilai cara masing-masing individu dan kelompok dalam berhubungan satu sama lain dan lingkungannya.

2. hubungan masyarakat & budaya dengan iman kristen Masyarakat Alkitab Budaya 2. hubungan masyarakat & budaya dengan iman kristen Masyarakat Alkitab Budaya

3. tanggung Ja. Wab orang kristen dalam masyarakat. a. Memberdayakan diri dalam aspek politik, 3. tanggung Ja. Wab orang kristen dalam masyarakat. a. Memberdayakan diri dalam aspek politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pemberdayaan ini dimulai dari diri sendiri dalam sistem dan aktualisasi diri. b. Bertanggung jawab untuk memelihara dan melestarikan alam. Manusia berhak untuk merajai dan menundukkan alam tetapi bukan untuk merusaknya. c. Tanggung jawab mengenal esensi Kristen, yaitu tata krama Kristiani, dengan pengenalan etika dan moral (jujur di dalam kasih). d. Memiliki jati diri kebangsaan (nasionalisme). e. Memiliki Misi diri sebagai ciptaan Tuhan. Sebagai mahluk Tuhan yang memiliki watak dan tanggung jawab mencintai Tuhan, jagad dan manusia.

4. mengenal masyarakat paska moderent 2 tim 3: 1 -9 • Masyarakat yg menekankan 4. mengenal masyarakat paska moderent 2 tim 3: 1 -9 • Masyarakat yg menekankan semangat Egoisme: Ingin hidup enak sendiri, biar kamu menderita asal aku bahagia. • Masyarakat yg menekankan semangat Materialisme Mencari uang sebanyak- banyaknya, harta. Semangat mengumpulkan dan menyimpan sebanyak-banyaknya. • Masyarakat yg menekankan semangat Hedonisme: Menekankan “kesengan, kenikmatan dan serba cepat, tdk sabar). • Zaman yang jahat. : Dosa melanda semua tempat dan usia. Perbuatan dosa bukan hanya melawan Tuhan tetapi menjadi kawan setan.

5. apa yang harus anda lakukan: i. Mendengar Firman Tuhan. Iman timbul dari pendengaran 5. apa yang harus anda lakukan: i. Mendengar Firman Tuhan. Iman timbul dari pendengaran Firman Tuhan (Rom 10: 17). Mendengar adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan ini, Dengarlah hai Israel, Yakub. ii. Melakukan Firman Tuhan. : Kekristenan tidak hanya setia mendengar (teori/dokrin) tetapi harus menjadi pelaku Firman Allah (praktek dan aplikasi dari dokrin). Contoh, mahasiswa ujian. (Mat 23: 3)

iii. Memberi tempat yang utama bagi Tuhan. Allah berkenan untuk dicari, Allah berkenan untuk iii. Memberi tempat yang utama bagi Tuhan. Allah berkenan untuk dicari, Allah berkenan untuk ditemui. Allah seharusnya menjadi pusat perhatian dan pusat pencarian kita. Apa dan siapa yang menjadi pusat perhatian saudara? Rahasia kehidupan dan kelimpahan adalah mendapatkan Tuhan.

 • iv. Berpikir Kritis dan bekerja keras. • iv. Berpikir Kritis dan bekerja keras.